"SUSENAS WAR" Telah Dimulai - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

"SUSENAS WAR" Telah Dimulai

"SUSENAS WAR" Telah Dimulai

February 4, 2019 | BPS Activities


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei rutin BPS yang menjadi sumber data utama untuk kegiatan pembangunan di bidang sosial dan ekonomi. Data dan informasi yang dihasilkan dari Susenas selalu ditunggu dan menjadi rujukan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Indikator yang dihasilkan dari Susenas juga menjadi rujukan utama untuk memantau perkembangan pencapaian Sustainable Develpoment Goals (SDGs) setiap tahunnya hingga tahun 2030. Dengan demikian, menjaga kualitas data Susenas merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan dan menjadi tanggung jawab bersama antara pusat dan daerah.

                Kualitas data sebuah survei dipengaruhi oleh dua hal, yaitu sampling error dan non sampling error. Data yang berkualitas harus memiliki sampling error dan non sampling error serendah-rendahnya. Oleh karena itu, guna mendapatkan data yang berkualitas, BPS di seluruh Indonesia mengadakan pelatihan petugas secara berjenjang dimulai dari instruktur, petugas pengawas, sampai kepada petugas pencacah. Berbekal buku pedoman, setiap petugas akan dilatih konsep dan definisi, tata cara pengisian kuesioner, role playing (dengan mendatangkan responden lokal), serta pendalaman materi. Setelah pelatihan, setiap petugas pencacah akan turun ke responden/rumah tangga terpilih untuk melakukan pengumpulan data. Dalam proses pengumpulan data tersebut setiap petugas (PCL) akan diawasi oleh petugas pengawas (PML). Petugas pengawas harus turun ke lapangan, tidak hanya menunggu hasil pencacahan dari petugas pencacah tanpa mengetahui kinerja pencacah tersebut. Pengawas juga berperan sebagai koordinator lapangan yang harus sanggup memecahkan permasalahan pencacahan di lapangan.

                Bertempat di hotel Pantura Jaya, Sambas, BPS Kabupaten Sambas mengadakan pelatihan petugas Susenas Maret 2019 selama 2 gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada tanggal 4-6 Februari 2019, sedangkan gelombang kedua berlangsung mulai tanggal 8-10 Februari 2019. Pelatihan ini diikuti oleh 52 peserta yang terdiri atas 37 petugas pencacah (PCL) dan 15 petugas pengawas (PML). Petugas akan mulai turun lapangan pada tanggal 18-23 Februari untuk melakukan updating muatan blok sensus yang menjadi wilayah tugasnya. Sementara itu, kegiatan pencacahan pada rumah tangga terpilih dilaksanakan pada periode 1-20 Maret 2019.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia