Telah Dibuka! Pendaftaran Calon Mitra Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Telah Dibuka! Pendaftaran Calon Mitra Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

Telah Dibuka! Pendaftaran Calon Mitra Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

23 Januari 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Telah Dibuka! Pendaftaran Calon Mitra Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

 

                Salah satu kunci utama untuk tercapainya penyajian data yang berkualitas adalah tersedianya peta serta kerangka sampel yang lengkap, akurat, relevan, dan mutakhir pada wilayah kerja statistik (wilkerstat). Definisi wilkerstat berdasarkan Peraturan Kepala BPS adalah wilayah kerja untuk kegiatan sensus dan survei yang diselenggarakan oleh BPS. Wilkerstat terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan Blok Sensus (BS). Pemutakhiran terakhir wilkerstat dilakukan pada tahun 2010 dan telah digunakan dalam berbagai kegiatan sensus maupun survei sampai tahun ini.

                Batas-batas ataupun muatan dalam wilkerstat tentunya banyak mengalami perubahan dalam 10 tahun terakhir. Oleh karena itu menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) dilakukan pemutakhiran wilkerstat di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dibagi dalam 2 tahapan besar, yaitu persiapan pada tahun 2018 dan pelaksanaan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 di tahun 2019 ini. Kegiatan ini tentunya membutuhkan tenaga petugas yang cukup banyak mengingat jumlah wilkerstat di Kabupaten Sambas yang cukup besar, yakni 19 kecamatan, 193 desa, dan 1600-an Blok Sensus.

                Dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini, BPS Kabupaten Sambas telah membuka pendaftaran calon mitra sampai tanggal 15 Februari 2019. Berikut beberapa penjelasan umum mengenai kegiatan ini:

1.   Petugas akan turun lapangan untuk meng-update peta wilayah (batas-batas, muatan, dsb) dengan menggunakan aplikasi berbasis Android; wilayah tugas akan ditentukan kemudian.

2.  Sebelum melaksanakan tugas, mitra akan dilatih terlebih dahulu selama + 3 hari. Pada pelatihan ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai cara kerja di lapangan.

3.   Periode tugas (turun lapangan) yaitu 22 April- 22 Mei 2019; petugas akan diberi beban tugas masing-masing. Setiap petugas mengerjakan rata-rata 10 peta Blok Sensus. Ritme kerja silakan diatur oleh masing-masing petugas dan harus selesai sebelum akhir periode tugas (22 Mei 2019).

4.   Honor kegiatan sesuai dengan beban kerja masing-masing petugas (rate honor @peta Rp.108.000,-).

5.   Apabila dinyatakan diterima, setiap petugas diwajibkan memiliki rekening BRI atas nama pribadi untuk keperluan administrasi.

 

Informasi selanjutnya dapat dilihat di website atau akun Facebook BPS Kabupaten Sambas : https://www.facebook.com/bps6101

 

Jadwal wawancara akan dibagi dalam 3 hari menurut kecamatan:

18 Februari 2019 (Selakau, Selakau Timur, Pemangkat, Semparuk, Salatiga, Tebas, Tekarang)

19 Februari 2019 (Sambas, Subah, Sebawi, Sajad, Jawai, Jawai Selatan)

20 Februari 2019 (Teluk Keramat, Galing, Tangaran, Sejangkung, Sajingan Besar, Paloh)

 

Pada saat wawancara calon petugas diharapkan membawa berkas-berkas berikut (masing-masing 1 lembar):

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah terakhir

3. Fotokopi NPWP (jika ada)

 

 

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik