Pelatihan Petugas Lapangan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Petugas Lapangan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018

Pelatihan Petugas Lapangan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018

23 April 2018 | Kegiatan Statistik


Pembangunan desa harus menjadi prioritas dalam pembagunan nasional karena sangat terkait dengan upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Gerakan pembangunan desa ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang Desa mengawal pencapaian target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2019. Sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014, Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Implementasi kebijakan dan program pembangunan nasional dan daerah perlu didukung oleh ketersediaan data dan informasi berbasis wilayah (spasial) melengkapi data sektoral lainnya yang telah ada. Data dan informasi tentang potensi spesifik yang dimiliki oleh semua wilayah hingga tingkat terkecil (small areas) merupakan bahan yang penting bagi perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara umum atau bahkan secara spesifik menurut wilayah tertentu.
       
Data hasil pendataan Potensi Desa (Podes) hingga saat ini merupakan satu-satunya sumber data tematik berbasis wilayah yang mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah ditingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Data Podes dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan dengan berbagai manfaat, seperti identifikasi wilayah perkotaan-perdesaan, pesisir-non pesisir, tertinggal-non tertinggal, dan sebagainya. Podes tahun 2018 ini merupakan Podes ke-13 yang dilaksanakan oleh BPS. Podes dilakukan 2 tahun sebelum pelaksanaan sensus juga untuk mendukung kelancaran pelaksanaan sensus. Tujuan pendataan Podes 2018 ini antara lain untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi kondisi sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah; sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik dan Master File Desa (MFD), menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa, dan sebagainya.
       Bertempat di Hotel Borneo dan Hotel Grand Mahkota Pontianak, BPS Provinsi Kalimantan Barat mengadakan pelatihan petugas lapangan Pendataan Potensi Desa 2018. Pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang. BPS Kabupaten Sambas ikut dalam pelatihan gelombang ke-2, mulai dari tanggal 22 April sampai 26 April 2018. Jumlah petugas dari Kabupaten Sambas sebanyak 49 petugas (32 petugas pencacah dan 17 petugas pengawas). Petugas-petugas tersebut akan turun ke setiap desa di Kabupaten Sambas untuk melakukan pendataan. Pelaksanaan pendataan akan dimulai pada tanggal 2-31 Mei 2018. Mengingat kebutuhan terhadap data dan informasi kewilayahan yang semakin beragam dan mendesak, diharapkan pendataan Podes 2018 ini benar-benar menghasilkan data yang berkualitas. Karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik dari aparat desa, kecamatan, dan kabupaten di Kabupaten Sambas dengan memberikan data yang sebenar-benarnya kepada petugas.

               

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik