Pelatihan Petugas Lapangan PL-KUMKM23 Kabupaten Sambas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Petugas Lapangan PL-KUMKM23 Kabupaten Sambas

Pelatihan Petugas Lapangan PL-KUMKM23 Kabupaten Sambas

15 September 2023 | Kegiatan Statistik


Kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) merupakan kegiatan pendataan lengkap atas seluruh pelaku dan unit usaha/perusahaan yang berada dalam wilayah Negara Indonesia. Pada tahun 2022, dapat dikumpulkan data sebanyak 9,1 juta data KUMKM. Seluruh informasi yang dikumpulkan dirancang untuk dapat bermanfaat dalam memberikan gambaran tentang performa dan struktur ekonomi nasional, baik menurut wilayah, lapangan usaha, maupun skala usaha pada lingkup wilayah pendataan. Kegiatan Pendataan Lengkap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tahun 2023 (PL-KUMKM23), diawali dengan kegiatan pendaftaran bangunan dan UMKM yang berada di dalam bangunan tersebut. Jika keberadaan suatu unit usaha telah diidentifikasi, maka kegiatan ini akan dilanjutkan dengan melakukan pendataan karakteristik usaha dan informasi lainnya. Keberadaan suatu unit usaha/perusahaan akan diidentifikasi oleh petugas lapangan dengan cara mengunjungi setiap bangunan yang berada di Satuan Lingkungan Setempat (SLS). Sedangkan pendataan karakteristik usaha dan informasi lainnya dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan pemilik/pengelola unit usaha dari unit usaha/perusahaan di bangunan tersebut (door to door). Moda pendataan lapangan dilakukan dengan menggunakan moda Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), yaitu pendataan menggunakan kuesioner berbasis elektronik dengan tetap dilakukannya wawancara oleh petugas lapangan.

Kegiatan PL-KUMKM23 mencakup seluruh UMKM, baik dengan menggunakan bangunan tetap/permanen, bangunan tidak tetap maupun yang tidak menggunakan bangunan yang berada dalam batas-batas wilayah Indonesia. Sedangkan aktivitas ekonominya mencakup seluruh kategori/lapangan usaha, kecuali aktivitas pertanian, kehutanan, dan perikanan (Kategori A), aktivitas administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (Kategori O), aktivitas rumah tangga sebagai pemberi kerja; aktivitas yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri (Kategori T) dan aktivitas badan internasional dan badan ekstra internasional lainnya (Kategori U). Keterangan dan informasi yang dikumpulkan melalui kegiatan Pendataan Lengkap UMKM 2023 antara lain, Identitas pelaku usaha/perusahaan; Identitas usaha/badan usaha; Karakteristik usaha/perusahaan; Sumber daya manusia; Proses produksi/bisnis; Pemasaran; Status keuangan.

Persiapan yang dilakukan BPS Kabupaten Sambas sebelum melaksanakan kegiatan PL-KUMKM23 yaitu melakukan rekrutmen petugas lapangan yang dilaksanakan pada 14-25 Agustus 2023. Selanjutnya dilaksanakan pelatihan Instruktur Nasional (Innas) pada tanggal 28-30 Agustus 2023 secara online melalui zoom meeting. Sebanyak 454 petugas lapangan kegiatan PL-KUMKM23, yang terdiri dari 364 Petugas Pencacahan Lapangan (PCL), 73 Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), dan 17 Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), dilatih dalam pelatihan petugas yang dilaksanakan di Dayang Resort Singkawang pada tanggal 5-14 September 2023. Jadwal pelatihan petugas dibagi menjadi 5 gelombang yaitu, gelombang 1 pada tanggal 5-6 September 2023, gelombang 2 pada tanggal 7-8 September 2023, gelombang 3 pada tanggal 9-10 September 2023, gelombang 4 pada tanggal 11-12 September 2023, dan gelombang 5 pada tanggal 13-14 September 2023. PL-KUMKM23 dilaksanakan pada tanggal 15 September 2023 – 14 Oktober 2023.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik