Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Kabupaten Sambas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Kabupaten Sambas

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Kabupaten Sambas

22 Juli 2019 | Kegiatan Statistik


       Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan salah satu sumber data ketenagakerjaan yang penting di Indonesia. Secara umum, tujuan pengumpulan data melalui Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya serta perkembangannya di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.  Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan, ketersediaan, dan kualitas data Sakernas harus terus dijaga dan ditingkatkan.

         Data berkualitas harus memiliki sampling error dan non-sampling error yang serendah-rendahnya. Dalam upaya untuk memperoleh data berkualitas dengan menekan non-sampling error, BPS selalu mengadakan pelatihan petugas secara intensif. Petugas lapangan terdiri atas pencacah dan pengawas. Selama pelatihan setiap petugas belajar mengenai konsep, definisi, tata cara pengisian kuesioner, role playing, dan materi lainnya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara petugas pencacah dan pengawas dalam memahami konsep, definisi, dan pengisian kuesioner yang digunakan pada Sakernas. Di akhir pelatihan akan diadakan evaluasi dan pendalaman sehingga petugas, baik pencacah dan pengawas semakin siap dalam bertugas.  
       Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2019 ini diadakan serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Pelaksanaan lapangan dilakukan mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 6 September 2018 yang dimulai dengan kegiatan pemutakhiran rumah tangga, pemilihan sampel rumah tangga, pencacahan, pengawasan dan pemeriksaan hasil pencacahan rumah tangga. Untuk Kabupaten Sambas, jumlah petugas yang terlibat sebanyak 43 petugas yang terdiri dari 32 petugas pencacah dan 11 pengawas. Petugas akan dibagi ke dalam 2 gelombang pelatihan, yaitu 22-24 Juli (Gelombang I) dan 25-27 Juli (Gelombang II), bertempat di Hotel Pantura Jaya, Kabupaten Sambas.
       Kualitas data yang baik tidak hanya ditentukan oleh kualitas petugas di lapangan,  melainkan juga kualitas keterangan yang diberikan oleh responden. Oleh karena itu, bagi rumah tangga yang terpilih menjadi sampel diharapkan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya sehingga pemerintah dan stakeholders mendapatkan potret yang jelas mengenai kondisi ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya Kabupaten Sambas.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik