Pelatihan Petugas Lapangan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024 Kabupaten Sambas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Petugas Lapangan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024 Kabupaten Sambas

Pelatihan Petugas Lapangan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024 Kabupaten Sambas

30 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei yang digunakan pemerintah Indonesia dalam hal penyediaan data dan indikator untuk mengimplementasikan pembangunan nasional yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Data dan indikator dari Susenas telah dipergunakan secara luas dan dipandang sebagai salah satu bukti penting yang dapat berguna untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi program pembangunan pemerintah. Informasi dari Susenas sangat penting bagi kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner Susenas Kor dan Susenas Modul Konsumsi/Pengeluaran. Kuesioner Susenas Kor mencakup berbagai indikator, diantaranya berkaitan dengan kependudukan, pendidikan, kesehatan, fertilitas dan keluarga berencana, perumahan, teknologi informasi dan komunikasi, kerawanan pangan, dan perlindungan sosial. Sementara itu, Modul Konsumsi/Pengeluaran merupakan sumber data untuk dua dari empat target pembangunan nasional, yaitu penghitungan tingkat kemiskinan dan gini rasio.

 
Kegiatan Susenas kali ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti), yaitu survei berbasis rumah tangga yang merupakan integrasi tiga survei yaitu Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT), dan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah tangga (SKTIR) yang bertujuan untuk mengurangi duplikasi kegiatan dan meningkatkan efisiensi, serta menghasilkan data statistik ekonomi rumah tangga yang lebih berkualitas.

 
Berbagai persiapan pelaksanaan kegiatan Susenas telah dilakukan, mulai dari pelatihan Instruktur Nasional (Innas), serta Pelatihan Petugas Pengawas Lapangan (PML) dan Petugas Pencacahan Lapangan (PPL). Sebanyak 20 orang PML dan 46 orang PPL mengikuti pelatihan petugas. Pada hari Selasa, 30 Januari 2024 BPS Kabupaten Sambas telah melangsungkan kegiatan Pelatihan Offline Susenas Maret dan Seruti Triwulan I yang dilaksanakan di Hotel Pantura Jaya Sambas. Sebelumnya telah diadakan juga pelatihan online selama 3 hari dalam 2 gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 22-24 Januari 2024 dan Gelombang II dilaksanakan pada 25-27 Januari 2024.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik