WAJAH BARU BPS KABUPATEN SAMBAS - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

WAJAH BARU BPS KABUPATEN SAMBAS

WAJAH BARU BPS KABUPATEN SAMBAS

18 Januari 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


      Tahun baru, gedung baru, semangat baru ! Mungkin ini kalimat tepat untuk menggambarkan BPS Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Tahun 2018 merupakan tahun yang spesial bagi segenap pegawai BPS Kabupaten Sambas. Bagaimana tidak, gedung baru yang sudah lama dinanti-nantikan akhirnya selesai dibangun dan diresmikan di tahun yang baru ini. Gedung ini sudah mengikuti prototype bangunan BPS dan boleh dikatakan merupakan salah satu gedung kantor terindah di Kabupaten Sambas. Pembangunan gedung kantor dimulai pada akhir bulan April 2017, selesai pada awal Desember 2017 dan mulai ditempati pada akhir Desember 2017. Selama proses pembangunan gedung, kegiatan operasional kantor dilakukan di sebuah ruko yang tidak begitu jauh dari lokasi kantor yang lama (di sebelah kantor Bupati Sambas). Setelah melalui proses pembangunan selama kurang lebih 9 bulan, gedung kantor yang baru akhirnya bisa ditempati oleh pegawai BPS Kabupaten Sambas.

    Persiapan peresmian gedung kantor dilakukan dari pertengahan bulan Desember 2017 dan panitia sepenuhnya adalah pegawai organik BPS Kabupaten Sambas. Kesibukan pekerjaan kantor dan deadline sana sini tidak menjadi penghalang bagi segenap pegawai BPS Kabupaten Sambas untuk mempersiapkan acara peresmian semaksimal mungkin. Peresmian gedung dilakukan pada tanggal 18 Januari 2018. Pada awalnya, gedung kantor BPS Kabupaten Sambas yang baru ini akan diresmikan langsung oleh Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto. Namun, karena ada urusan mendadak pasca rilisnya data ekspor-impor, peresmian gedung yang awalnya akan dilakukan oleh Kepala BPS RI digantikan oleh Inspektur Utama BPS RI, Akhmad Jaelani. Acara peresmian dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Kepala BPS Kabupaten se-Kalimantan Barat, Bupati, Kapolres, Forkopimda, rekanan, serta para mitra statistik dari 19 kecamatan di Kabupaten Sambas. Pada acara peresmian ini, dua kantor BPS lainnya, yakni BPS Kabupaten Bengkayang dan BPS Kabupaten Kayong Utara turut diresmikan oleh Inspektur Utama BPS RI, Akhmad Jaelani.

   Dalam sambutannya, Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, menyampaikan ucapan selamat kepada segenap pegawai BPS Kabupaten Sambas atas peresmian gedung kantor yang baru. Beliau juga menyampaikan kekagumannya terhadap bangunan kantor BPS Kabupaten Sambas yang dinilainya modern dan minimalis sehingga pantas menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Sambas. “Semoga gedung yang baru ini membawa kebahagiaan dan suasana yang kondusif bagi penghuni maupun pengunjungnya. Lebih dari itu, saya berharap dengan adanya gedung yang baru ini dapat mendorong semangat dan produktivitas saudara dalam bekerja untuk menghasilkan data yang berkualitas dalam mendukung pembangunan Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat,” kata beliau dalam sambutannya. Atbah juga menyampaikan bahwa hubungan BPS dengan pemerintah daerah Kabupaten Sambas selama ini telah terjalin dengan baik.

  Inspektur Utama BPS RI, Akhmad Jaelani, dalam sambutannya menyampaikan penegasan mengenai statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus. “Peran BPS adalah sebagai penyedia statistik dasar. Kementrian/lembaga bertugas menyediakan statistik sektoral, sedangkan statistik khusus dapat dilakukan oleh masyarakat umum (dunia akademisi). Dalam hal statistik sektoral dan khusus, BPS hanya berperan sebagai pembina dan memberikan rekomendasi terkait kegiatan statistik yang akan dilakukan, “ ungkap beliau dalam sambutannya. Selain itu, beliau juga menyampaikan catatan khusus mengenai potensi Sambas sebagai salah satu daerah terluar yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Potensi pertanian, perdagangan, dan pariwisata menjadi hal yang strategis untuk dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Oleh karena itu, Akhmad Jaelani mengajak seluruh jajaran BPS Kabupaten Sambas untuk menyediakan data yang berkualitas sebagai bentuk koordinasi dan kerjasama yang baik dalam mendukung pembangunan Kabupaten Sambas.

Bangunan dan manusia

      Pembangunan ataupun pembaharuan fisik seperti sarana dan prasarana merupakan hal yang penting untuk diprioritaskan karena sejatinya pembangunan fisik akan berdampak besar pada pembangunan manusia itu sendiri. Sejalan dengan hal itu, pembangunan kantor baru BPS Kabupaten Sambas ini diharapkan akan membangun manusia yang bekerja di dalamnya (baca: segenap pegawai BPS Kabupaten Sambas) sehingga “wajah baru” BPS Kabupaten Sambas tidak hanya terdapat pada bangunannya saja, melainkan juga terdapat pada kinerja setiap pegawainya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik