Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Semester I 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Semester I 2019

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Semester I 2019

28 Januari 2019 | Kegiatan Statistik


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan salah satu sumber data ketenagakerjaan yang penting di Indonesia. Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan, ketersediaan, dan kualitas data Sakernas harus terus dijaga dan ditingkatkan. Secara umum, tujuan pengumpulan data melalui Sakernas Februari 2019 adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, tujuannya adalah memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya serta perkembangannya mulai dari tingkat nasional, provinsi, sampai tingkat kabupaten/kota. Sakernas dilaksanakan 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Jumlah sampel pada Sakernas Februari 2019 sebanyak 7.500 Blok Sensus atau sebesar 75.000 rumah tangga di seluruh Indonesia. Dengan jumlah sampel tersebut, maka Sakernas Februari hanya bisa mengestimasi sampai level provinsi, sedangkan pada bulan Agustus jumlah sampel lebih banyak, yaitu 30.000 Blok Sensus.

                Data yang berkualitas tentunya harus memiliki sampling error dan non-sampling error yang serendah-rendahnya. Oleh karena itu, BPS di seluruh Indonesia secara rutin mengadakan pelatihan petugas pencacah maupun pengawas setiap survei untuk menekan non-sampling error sehingga data yang dihasilkan lebih berkualitas. Pada Sakernas Februari ini, BPS Kabupaten Sambas mengadakan pelatihan untuk 13 orang petugas yang terdiri atas 4 pengawas dan 9 petugas pencacah. Bertempat di Hotel Pantura, Sambas, pelatihan dilaksanakan selama 3 hari efektif (28-30 Januari 2019). Dalam pelatihan tersebut petugas akan diberikan penjelasan mengenai metodologi, konsep dan definisi, tata cara pengisian kuesioner, dan juga simulasi pencacahan dengan mendatangkan responden dari penduduk setempat. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap petugas memiliki pengetahuan dan bekal yang cukup dalam melakukan pendataan (8-28 Februari 2018) sehingga data/indikator yang dihasilkan akurat dan berkualitas.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik