Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas MKP 2019 Provinsi Kalimantan Barat - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas MKP 2019 Provinsi Kalimantan Barat

Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas MKP 2019 Provinsi Kalimantan Barat

18 September 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) telah menjadi rujukan utama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Sembilan Agenda Prioritas atau Nawacita, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Setiap tahunnya Susenas mengumpulkan data dan informasi pokok bidang sosial ekonomi seperti kependudukan, pendidikan, ketenagakerjaan, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan, perumahan, perlindungan sosial serta konsumsi dan pengeluaran rumah tangga. Mengingat cakupannya yang begitu luas, tidak semua informasi sosial ekonomi dapat dikumpulkan secara lengkap dan detail. Untuk menjawab kebutuhan berbagai kalangan, informasi lebih rinci terkait sosial ekonomi dicakup dalam modul yang dilaksanakan setiap tiga tahun. Susenas Modul Kesehatan dan Perumahan (MKP) merupakan salah satu modul susenas yang dilaksanakan bergantian dengan modul lainnya, yaitu Modul Ketahanan Sosial (Hansos) serta Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP). Susenas MKP yang dilaksanakan pada September 2019 merupakan Susenas MKP ke-9 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 1992.

Kualitas data Susenas MKP 2019 senantiasa terjaga pada setiap tahapan kegiatannya, tidak terkecuali pada tahapan pengolahan data. Oleh karena itu, kegiatan receiving-batching dan editing-coding perlu dilakukan guna menjaga agar isian pada dokumen Susenas MKP 2019 sesuai dengan fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan. Setelah tahap tersebut maka pengolahan berlanjut ke tahap entri dokumen, validasi dokumen, kompilasi, dan tabulasi data. Proses pengolahan data merupakan bagian penting dari tahapan bisnis dalam kegiatan statistik. Secara lengkap tahapan proses bisnis dalam kegiatan statistik terdiri dari 8 tahapan, antara lain penentuan kebutuhan (specify needs), perancangan (design) pembangunan (build), pengumpulan (collect), pengolahan (process), analisis (analyze), diseminasi (disseminate), dan evaluasi (evaluate). Mengingat pentingnya kegiatan pengolahan, maka BPS Provinsi di seluruh Indonesia rutin mengadakan pelatihan untuk memperlengkapi petugas pengolahan di Kabupaten/kota sehingga kualitas data tetap terjaga dengan baik.

Bertempat di Hotel Grand Mahkota, Pontianak, BPS Provinsi Kalimantan Barat mengadakan pelatihan instruktur daerah pengolahan Susenas MKP September 2019 yang diikuti 14 peserta dari satker BPS Kabupaten/Kota dan 8 orang peserta dari BPS Provinsi. Pelatihan diadakan pada tanggal 17-21 September 2019 dan dibuka langsung oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Pitono. Dalam sambutannya, Pitono menyampaikan agar setiap instruktur daerah kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pengolahan di satker dengan tetap memperhatikan kualitas data. Melalui pelatihan ini diharapkan seluruh petugas pengolahan memiliki pemahaman yang baik dan benar sehingga kegiatan pengolahan di masing-masing satker dapat berjalan dengan lancar serta menghasilkan data yang berkualitas.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik