Pelatihan Petugas Pemetaan Wilkerstat Maret 2022 - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

Pelatihan Petugas Pemetaan Wilkerstat Maret 2022

Pelatihan Petugas Pemetaan Wilkerstat Maret 2022

February 21, 2022 | BPS Activities


Sensus Pertanian 2023 (ST2023) akan dilaksanakan kembali oleh BPS pada tahun 2023. Salah satu upaya dalam mencapai data berkualitas adalah tersedianya kerangka induk wilayah kerja statistik (wilkerstat) yang mutakhir. Sejak SP2020, BPS telah memelihara dua jenis kerangka induk yaitu Blok Sensus (BS) dan Satuan Lingkungan Setempat (SLS) dimana wilayah BS dibentuk berdasarkan homogenitas muatan dari SLS. Mengingat dinamisnya perubahan SLS dari tahun ke tahun, maka kegiatan pemutakhiran diperlukan untuk memperoleh wilkerstat yang berkualitas.

Kegiatan Pemutakhiran Kerangka Geospasial juga dilakukan melalui penyusunan
peta klasifikasi tutupan lahan pertanian agar dapat dimanfaatkan secara lebih luas untuk berbagai kebutuhan statistik pertanian. Sebagaimana direkomendasikan oleh Food and Agriculture Organization Agriculture Organization (FAO), penyusunan peta klasifikasi ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh memanfaatkan teknologi penginderaan jauh (remote sensing) yang dipadukan dengan proses pengambilan titik koordinat dari sampel tutupan lahan untuk memproduksi statistik pertanian yang lebih efektif. Proses pengambilan titik koordinat dari sampel tutupan lahan untuk memproduksi
statistik pertanian yang lebih efektif.

BPS melakukan persiapan sebelum memulai penelusuran wilayah yaitu melaksanakan pelatihan petugas untuk menyamakan konsep dan definisi. Pelatihan petugas dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu gelombang pertama pada tanggal 21 dan 22 Februari 2022, sedangkan gelombang kedua pada tanggal 23 dan 24 Februari 2022. Total petugas yang mengikuti pelatihan petugas sebanyak 139 yang terdiri dari 25 petugas pengawas dan 114 pemeta. Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai gambaran umum kegiatan, metodologi, konsep definisi, tata cara pengisian dokumen, dan tata cara menggunakan aplikasi wilkerstat untuk geotagging wilayah serta tutupan lahan.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia