Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Februari 2022 - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Februari 2022

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional Februari 2022

January 25, 2022 | BPS Activities


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan salah satu sumber data ketenagakerjaan yang penting di Indonesia. Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan akan ketersediaan dan kualitas data Sakernas harus tetap dijaga dan ditingkatkan.
Sakernas Februari 2022 dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih sulit diprediksi kapan akan berakhir. Untuk itu pelaksanaan Sakernas baik pada tahap penyusunan instrumen, pelatihan instruktur dan petugas, pemutakhiran muatan blok sensus, pencacahan rumah tangga sampel, pengawasan, hingga evaluasi kegiatan masih mengikuti proses bisnis yang disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Seluruh tahap kegiatan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dengan tetap menjaga kualitas data Sakernas yang dihasilkan.
Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Februari 2022 adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, Sakernas Februari 2022 juga mempunyai tujuan khusus untuk mengumpulkan informasi terkait dampak COVID-19 terhadap ketenagakerjaan di Indonesia.
Sebelum kegiatan lapangan berlangsung, BPS Kabupaten Sambas mengadakan pelatihan petugas sehingga petugas memiliki pemahaman/persepsi yang sama sebelum turun lapangan. Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai gambaran umum kegiatan, metodologi, konsep definisi, tata cara pengisian dokumen dan juga penegasan-penegasan mengenai kasus di lapangan. Pelatihan diadakan di ruang rapat BPS Kabupaten Sambas selama 2 hari (25-26 Januari 2022). Pelatihan ini diikuti oleh 11 peserta yang terdiri dari 8 petugas pencacah (PCL) dan 3 petugas pengawas (PML).  
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia