Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2022 - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2022

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2022

July 18, 2022 | BPS Activities


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan salah satu sumber data ketenagakerjaan yang penting di Indonesia. Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Agustus 2022 adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, pada Sakernas Agustus 2022 juga mempunyai tujuan khusus tambahan untuk mengumpulkan informasi terkait dampak COVID-19 terhadap ketenagakerjaan di Indonesia.

Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan akan ketersediaan dan kualitas data Sakernas harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Sakernas Agustus 2022 dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih sulit diprediksi kapan akan berakhir. Untuk itu pelaksanaan Sakernas baik pada tahap penyusunan instrumen, pelatihan instruktur dan petugas, pemutakhiran muatan blok sensus, pencacahan rumah tangga sampel, pengawasan, hingga evaluasi kegiatan masih mengikuti proses bisnis yang disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Seluruh tahap kegiatan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dengan tetap menjaga kualitas data Sakernas yang dihasilkan.

Pelatihan petugas merupakan salah satu proses bisnis statistik yang harus dilakukan untuk menjamin kualitas data yang baik. Pelatihan bertujuan memberikan pemahaman yang seragam kepada petugas terkait konsep definisi, alur kerja lapangan, tata cara wawancara dan pengisian kuesioner, administrasi, dsb. Pada tanggal 18-19 Juli 2022, BPS Kabupaten Sambas menyelenggarakan pelatihan petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2022 yang bertempat di Hotel Pantura Jaya, Sambas. Pelatihan diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari 26 Petugas Pencacahan Lapangan (PCL) dan 10 Petugas Monitoring Lapangan (PML) serta 2 orang Instruktur Daerah yang berasal dari organik BPS Kabupaten Sambas.

Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Sambas, Mochamad Su’udi. Beliau menekankan pentingnya pendataan Sakernas sebagai sumber data/indikator ketenagakerjaan di level kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Data-data tersebut nantinya akan digunakan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan, monitoring, serta evaluasi kinerja perangkat daerah. Oleh karena itu, petugas harus melakukan pendataan dengan benar sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada. Di samping itu, petugas juga diharapkan dapat menangkap fenomena-fenomena lapangan terkait ketenagakerjaan sebagai bahan pendukung untuk analisis indikator yang dihasilkan.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia