Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024

July 24, 2024 | BPS Activities


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan salah satu sumber data ketenagakerjaan yang penting di Indonesia. Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Agustus 2024 adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, Sakernas Agustus 2024 bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan akan ketersediaan dan kualitas data Sakernas harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Sejak tahun 2024, pelaksanaan Sakernas telah menggunakan moda CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing). Pada Sakernas Agustus 2024, seluruh wilayah sepenuhnya melakukan pendataan dengan CAPI. Hal ini berbeda dengan Sakernas Februari 2024 dimana masih ada beberapa wilayah yang menggunakan moda PAPI (Paper Assisted Personal Interviewing). Kondisi ini merupakan peningkatan dalam adaptasi pemanfaatan teknologi dan informasi, dengan harapan tahapan kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pelatihan petugas merupakan salah satu proses bisnis statistik yang harus dilakukan untuk menjamin kualitas data yang baik. Pelatihan bertujuan memberikan pemahaman yang seragam kepada petugas terkait konsep definisi, alur kerja lapangan, tata cara wawancara dan pengisian kuesioner, administrasi, dsb. Pada tanggal 22-23 Juli 2024, BPS Kabupaten Sambas menyelenggarakan pelatihan petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 20224 yang bertempat di Hotel Pantura Jaya, Sambas. Pelatihan diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari 22 Petugas Pencacahan Lapangan (PCL) dan 17 Petugas Monitoring Lapangan (PML) serta 2 orang Instruktur Daerah yang berasal dari organik BPS Kabupaten Sambas.

Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Sambas, Mochamad Su’udi. Beliau menekankan pentingnya pendataan Sakernas sebagai sumber data/indikator ketenagakerjaan di level kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Data-data tersebut nantinya akan digunakan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan, monitoring, serta evaluasi kinerja perangkat daerah. Oleh karena itu, petugas harus melakukan pendataan dengan benar sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada. Di samping itu, petugas juga diharapkan dapat menangkap fenomena-fenomena lapangan terkait ketenagakerjaan sebagai bahan pendukung untuk analisis indikator yang dihasilkan.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia