Sosialisasi Statistik Sektoral Perangkat Daerah Kabupaten Sambas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas

Telah terbit, Kabupaten Sambas Dalam Angka 2023 dapat diunduh disini                  Kepada seluruh Pengguna Data BPS, silahkan isi Formulir berikut bagi yang ingin melakukan Permintaan Data, Konsultasi Statistik, atau Tanya Jawab terkait Data-data BPS.                         Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Sambas dibuka kembali, bagi pengunjung yang ingin melakukan kunjungan diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengguna Data BPS juga dapat melakukan permintaan data melalui email : bps6101@bps.go.id atau hubungi (0562) 392817.    

Sosialisasi Statistik Sektoral Perangkat Daerah Kabupaten Sambas

Sosialisasi Statistik Sektoral Perangkat Daerah Kabupaten Sambas

21 Maret 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


     Berdasarkan PP No.18 Tahun 2016, telah dibentuk Organisasi Statistik Sektoral di tingkat provinsi/kabupaten/kota. Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan badan yang berwenang atas urusan statistik serta berperan sebagai pembina dalam Sistem Statistik Nasional. PP tersebut juga menyatakan bahwa statistik satu rumpun dengan persandian maupun dengan informatika. Bertempat di aula Bappeda Kabupaten Sambas, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sambas mengadakan kegiatan Sosialisasi Statistik Sektoral Perangkat Daerah Kabupaten Sambas dengan mengundang seluruh Organisai Pemerintahan Daerah (OPD) Kabupaten Sambas dan BPS Kabupaten Sambas. Turut diundang sebagai narasumber yaitu Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Pitono, Kepala BPS Kabupaten Sambas, Amad Badar, dan perwakilan Kepala Diskominfo Kabupaten Sambas. Turut hadir juga Kepala Bidang IPDS Provinsi Kalimantan Barat, Sudiyanto, dan juga 2 orang staf IPDS BPS Kabupaten Sambas.
     Dalam paparannya, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan penjelasan mengenai statistik dasar dan statistik sektoral serta kaitannya dengan tugas dan fungsi BPS dan Kementrian/Lembaga/Dinas/Instansi di level pusat maupun daerah. Beliau juga memberikan pemahaman cara menginterpretasikan data yang benar. Beliau menilai selama ini banyak terdapat kekeliruan dalam memaknai angka/data statistik yang dikeluarkan baik oleh BPS maupun instansi lain sehingga sering terjadi perdebatan bahkan konflik antara berbagai pihak. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan pentingnya memahami konsep dan definisi dibalik setiap angka/data statistik yang ada sehingga pengguna data tidak salah menginterpretasikan data tersebut serta tidak sembarangan memberikan penilaian terhadap suatu instansi.
     Kepala BPS Kabupaten Sambas, Amad Badar, dalam kesempatan tersebut meyampaikan paparan mengenai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sambas dan gambaran struktur serta potensi ekonomi Kabupaten Sambas. Narasumber ketiga, Darsono, memaparkan prioritas nasional dalam urusan statistik yang dikaitkan dengan arah kebijakan pembangunan nasional. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan data-data apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kebijakan pembangunan dalam konteks Kabupaten Sambas. Setelah semua paparan disampaikan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab kemudian acara penutup. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan semua OPD memahami akan tugas dan perannya dalam membangun sistem perstatistikan nasional serta terjalin koordinasi yang semakin baik antara OPD dengan BPS Kabupaten Sambas.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik