Pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2022 Sudah Dimulai - News - BPS-Statistics Indonesia Sambas Regency

If you need data from BPS, please come to our Integrated Statistical Services at Pembangunan Street Sambas, every weekday from 07:30 till 16:00 (for more information)

Pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2022 Sudah Dimulai

Pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2022 Sudah Dimulai

March 7, 2022 | BPS Activities


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menjadi sandaran utama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan tujuan pembangunan internasional (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs). Susenas dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memberikan potret kemajuan pembangunan. Potret tersebut harus akurat dan dapat dipercaya oleh publik secara luas. Susenas Maret 2022 merupakan salah satu survei rutin BPS yang menyediakan data pembangunan di bidang sosial ekonomi pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Pendataan Susenas Maret 2022 mencakup 345.000 rumah tangga di seluruh Indonesia yang terdapat dalam blok sensus biasa, tidak termasuk yang tinggal dalam blok sensus khusus, seperti kompleks militer dan sejenisnya serta rumah tangga khusus yang berada di blok sensus biasa. Rumah tangga sampel dicacah dengan Kuesioner Kor (VSEN22.K) dan Kuesioner Konsumsi/Pengeluaran (VSEN22.KP). Sementara itu, untuk Kabupaten Sambas sendiri pendataan dilakukan di 70 Blok Sensus yang tersebar di seluruh kecamatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa rangkaian tahapan, dimulai dari persiapan, pelaksanaan lapangan, pengolahan, analisis, dan diseminasi. Tahapan kegiatan lapangan dimulai dari tahap pemutakhiran rumah tangga di akhir Februari lalu. Tahapan pemutakhiran ini bertujuan memutakhirkan kondisi rumah tangga yang ada di tiap-tiap Blok Sensus. Setelah pemutakhiran, diambil sampel sebanyak 10 rumah tangga per Blok Sensus yang akan dicacah oleh petugas BPS.

Pada saat ini sedang berlangsung tahapan pencacahan rumah tangga. Proses pendataan dilakukan selama bulan Maret 2022. Petugas akan mendatangi sampel terpilih untuk diwawancarai dengan Kuesioner Kor (VSEN22.K) dan Kuesioner Konsumsi/Pengeluaran (VSEN22.KP). Informasi yang diperoleh dari responden cukup banyak komprehensif, yakni meliputi keterangan pendidikan, kesehatan, perumahan, perlindungan sosial, konsumsi dan pengeluaran, pendapatan, dan beragam informasi lainnya. Pendataan Susenas Maret 2022 ini begitu penting karena menghasilkan banyak indikator strategis. Oleh karena itu, diperlukan keterbukaan dan kerjasama dari masyarakat, khususnya rumah tangga terpilih, untuk memberikan informasi yang akurat sesuai dengan kondisi rumah tangga yang bersangkutan. Data yang akurat tentunya akan mendukung proses pengambilan kebijakan dan pembangunan baik di level kabupaten, provinsi, dan nasional.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten SambasJl. Pembangunan

Sambas

Kalimantan BaratTelp (0562) 392817

Faks (0562) 392817

Mailbox : bps6101@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia